UPS Server Google


Kejutan besar Google adalah setiap server memiliki 12 volt baterai untuk pasokan daya jika terjadi masalah pada sumber listrik yang digunakan. Menggunakan batere 12 volt untuk setiap server lebih murah dibandingkan dengan UPS central, ‘kata disainer server Google Ben Jai. Karena itu tidak ada kapasitas yang terbuang sia-sia.

Efisiensi merupakan faktor utama yang diusung oleh Google. Ben Jai mengatakan bahwa UPS central dapat mencapai 92 hingga 95 persen efisiensi. Dan beliau mampu mengukur penggunaan daya yang sebenarnya lebih dari 99.9 persen efisiensi. Dikeatahui juga pusat data housed dalam kontainer pengiriman standar dikemas dengan server 1160 dan konsumsi daya yang dapat mencapai 250 kilowatts. Google juga telah mempatenkan disain baterai untuk server-servernya. Pihakgoogle bersedia untuk melisensikan disain baterainya ini ke vendor-vendor kata Urs Hoelzle, Google Vice President of operations. Fokus utama google adalah pada efisiensi energi.

Perusahaan Google juga berfokus pada data center masalah seperti distribusi daya, pendinginan, dan memastikan udara panas dan dingin tidak merusak kinerja, ujar Chris Malone, yang terlibat dalam desain data center dan efisiensi pengukuran. Google data center kini telah mencapai tingkat efisiensi Badan Perlindungan Lingkungan, diharapkan akan dicapai pada 2011 dengan menggunakan teknologi canggih.

Berikut beberapa gambar dari 1 unit server Google ciptaan Ben Jai.

Server Google berukuran kurang lebih 3,5 inci tebal – 2U, rak atau 2 unit, di data center biasa. Mempunyai 2 prosessor, 2 Hardisk Drive , dan 8 slot memori yang tepasang pada Motherboard yang dibangun oleh gigabyte. Google menggunakan prosessor x86dari kedua AMD dan Intel, Jai berkata, dan Google menggunakan baterai pada desain peralatan jaringan.

Obsesi Google datang dari desain efisiensi listrik. Pasokan daya dikonfersi Konvensional AC (Alternating Cirrent) ke arus listrik DC (listrik searah) dan menyediakan pasokan daya khas komputer baik 5-Volt dan 12-Volt DC Power. Google haya mendisain 12-Volt power, yang berada disamping Motherboard.Google juga mengungkapkan hasil kinerja baru untuk efisiensi data senter diukur dengan standar yang disebut efektifitas penggunaan listrik. PUE, dikembangkan oleh sebuah konsorsium yang disebut Green Grid, mengukur berapa besar daya yang langsung ke komputer dibandingkan dengan bawaan seperti panas dan pendinginan. Skor 1 yang sempurna artinya tidak ada biaya tambahan untuk daya yang terbuang.

Pada kuartal ke-3 dari 2008 PUE Google adalah 1,21 tetapi turun menjadi 1,20 untuk kuartal ke-4 dan 1,19 untuk kuartal pertama 2009 sampai 15 Maret. kata Malone.
PUE Google Tua umumnya memiliki fasilitas yang lebih tinggi, katanya yang terbaik memiliki skor 1,12. ketika terjadi cuaca yang panas. Saat itu Google sangat susah untuk menjadikan server dingin.

—————————-update—————————–
Jakarta – Google membutuhkan sedikitnya 900 ribu server untuk melayani seluruh penggunanya. Meski demikian, raksasa internet tersebut hanya mengkonsumsi 0,01 persen listrik dari seluruh pasokan dunia.

Hal itu dikemukan oleh Jonathan Koomey, yang baru saja menuliskan hasil risetnya mengenai pemakain sumber daya listrik untuk data center.

“Data center Google hanya menggunakan 0,01% dari listik yang ada di seluruh dunia, dan kurang dari 1% pada 2010 silam,” tulis Koomey, sebagaimana dikutip detikINET dari Data center knowledge, Selasa (2/8/2011).

Google sendiri mengklaim bahwa data center yang mereka miliki memang dirancang untuk berkerja lebih efektif, misalnya saja sistem penyimpanan data yang mereka sebut Spanner.

Rancangan seperti ini membuat manajemen data lintas platform lebih cepat, hal ini sangat membantu mengingat Google memiliki banyak sekali layanan online. Selain itu Spanner juga mampu mengalokasikan data di tiap-tiap hardisk secara otomatis.

“Infrastruktur Google lebih efisien dari in-house data center lainnnya. Ini berarti, tidak hanya membuat cloud computing lebih efiesien namun juga hemat listrik,” tandas Koomey

permalink , 1, 2, 3googlegreen – fresh air cooling system – HVAC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: