BOTTLENECK HARDWARE


Kemarin dulu, seorang teman meminta pembahasan mengenai bottleneck. Bukan bermaksud sombong atau gimana, tapi karena perasaan saya mengatakan kalau saya pernah tahu tentang hal tersebut, saya jawab saja akan saya bahas. Jadilah saya googling untuk mengumpulkan materi dan menemukan istilah bottleneck ternyata mencakup banyak aspek.

Bottleneck atau jika di Indonesiakan berarti leher botol. Kasus ini ternyata patut kita soroti. Karena pasti sebagian dari kita jarang memperhatikan fenomena ‘leher botol’ –bahkan saya sendiri!… Jangan salah sangka bahwa kemudian setiap komponen akan berubah menjadi mirip leher botol Penasaran?

Apa itu bottleneck?
Bottleneck bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara ‘kasar’, artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja leher botol, selalu menyempit daripada badannya. Perumpamaan ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Tidak dalam dunia yang berhubungan dengan komputer saja yang memakai istilah bottleneck Tapi saya kurang tahu masalah itu.
Ketika diterapkan dalam lalu lintas, bottleneck adalah penyempitan lebar jalan dari kondisi lebar jalan yang normal [entah karena gangguan, perbaikan jalan atau
masalah yang lain], di salah satu titik/ ruas jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan atau perlambatan arus lalu lintas. Sebagai contoh jalur/ pintu tol. Atau bayangkan saja jalan raya yang melewati pasar tumpah pada saat arus mudik.

Bottleneck Pada Hardware Komputer
Tidak ada yang menginginkan terjadinya bottleneck. Namun kondisi ini bisa terjadi pada seluruh komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompUter itu bekerja secara optimal. Bagaimana tidak?? Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang ‘lambat’, karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang ‘bottleneck’ selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Contoh Kasus
Perhatikan contoh berikut :
Contoh 1
PROC : core 2 duo
RAM : ddr 5300 2 giga
VGA : 1600xt
Jawab :

Dari melihat soal di atas,maka dapat disimpulkan bahwa Komputer dengan spesifikasi seperti itu bIsa terjadi ‘bottleneck‘. Karena, processor OK,RAM gede tapi VGA-nya pas-pasan. So… dari segi performa akan tidak maksimal –terutama buat proses rendering 3D animasi (game). Banyak juga contoh yang lain. Karena pada dasarnya, setiap komputer mempunyai ‘bottleneck’. Hanya saja, letaknya dimana, itulah yang perlu dikaji. Terlebih lagi, kalau mainboardnya tidak support komponen-komponen pada soal diatas. Pastilah terjadi bottleneck juga. Lha wong komputernya tidak bisa hidup! :D hehehe …

Contoh 2
Semisalnya sebuah komputer, VGA-nya Bagus banget. Cepat lagi. Merek terbaru. Tapi…RAM-nya atau Motherboardnya masih rendah. [Atau lebih parahnya Mainboardnya tidak
support. :p ]
Akibatnya si Motherboard atau RAM tidak bisa nampung kecepatan dari vga dan akhirnya menyebabkan bottleneck. Performanya tidak maksimal. (boro-boro hidup eh malah bikin hang :)

Kesimpulan
Jadi lebih baik pastikan kecepatan dari RAM, Motherboard, VGA Card, Harddisk dan Processor serta pilihlah yang sesuai.

In engineering, bottleneck is a phenomenon where the performance or capacity of an entire system is severely limited by a single component. The component is sometimes called a bottleneck point. The term is metaphorically derived from the neck of a bottle, where the flow speed of the liquid is limited by its neck.
Formally, a bottleneck lies on a system’s critical path and provides the lowest throughput. Bottlenecks are usually avoided by system designers, also a great amount of effort is directed at locating and tuning them. Bottleneck may be for example a processor, a communication link, a data processing software, etc. ( copas ; wiki )

Tambahan : Penggunaan Bottleneck
Bottleneck di dunia lalu lintas, berarti penyempitan jalur yang mengakibatkan perlambatan arus lalu lintas.

Bottleneck di bidang internet bermaksud lemotnya koneksi internet karena kurangnya bandwidth [data terlalu besar/ banyak] sedangkan jalur yang disediakan terlalu kecil untuk melayani request. Sering juga disebut connection bottleneck.

permalink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: