Opensource Converter (flv, avi, asf, 3gp etc )


Saat ini untuk sekedar konversi audio video sungguh lebih mudah. Sebelumnya jika kita ingin mendapatkan program gratis konversi video misalnya, mungkin bisa kita dapatkan, tetapi biasanya banyak keterbatasan yang dimiliki. Apalagi untuk konversi video seperti Flash Video (FLV) yang sudah menjadi standar Video di Internet, sebelumnya sangat sulit ditemukan software yang benar-benar gratis.

Salah satu layanan video di Internet adalah YouTube, yang merupakan layanan video terbesar di dunia, dengan hit puluhan juta per hari. Format yang digunakan adalah Flash Player (FLV), yang pada dasarnya hanya bisa di lihat secara online melalui web browser ( di Mozilla Firefox, bisa kita download dengan tambahan plugins tertentu).

Dengan banyaknya format audio video, maka terkadang kita memerlukan konversi berbagai format yang ada ke format umum yang bisa di putar di sembarang player atau di ubah ke VCD. Untuk melakukan hal ini, saat ini ada library FFmpeg yang dikembangkan oleh ffmpeg team. FFmpeg sebenarnya merupakan kumpulan berbagai library untuk merekam, menjalankan dan mengkonversi berbagai format audio video. Library ini telah digunakan oleh banyak aplikasi/proyek. FFMpeg dikembangkan dibawah Linux, tetapi telah dikompile ke berbagai format, sehingga bisa digunakan oleh hampir semua Sistem Operasi termasuk Windows.

Proyek ini sebenarnya terdiri dari beberapa komponen, diantaranya adalah ffmpeg itu sendiri yang merupakan command line tool untuk mengkonversi dari satu format video ke format lainnya, tools ini juga mendukung untuk menangkap dan encoding dari TV card secara real time. Komponen lainnya adalah ffplay, merupakan simple media player yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai format video. Dan masih ada beberapa komponen lainnya. Silahkan dilihat informasi di Wikipedia tentang FFmpeg untuk lebih lengkapnya, atau langsung mengunjungi web sitenya.

Bagi seorang ahli dan sudah biasa dengan command prompt, bisa saja download aplikasi langsung library ffmpeg dan langsung melakukan konversi file melalui command line. Tetapi bagi kebanyakan orang, tentu ini bukan hal yang mudah. Apalagi jika harus mengkonversi file dengan jumlah yang banyak, sehingga kita memerlukan tools atau aplikasi tambahan agar lebih mudah. Mengingat fasilitas yang begitu banyak, maka banyak proyek yang mengembangkan berdasarkan library ini. Salah satunya adalah WinFF. Dengan aplikasi open source ini, yang dibuat dengan Program Lazarus ( IDE mirip Delphi dengan Freepascal ) kita dengan mudah mengkonversi berbagai format audio maupun video, termasuk format FLV. Yang perlu diingat bahwa tidak semua file flv bisa dikonversi, karena kemungkinan file tersebut menggunakan teknologi (codec) yang terbaru). Untuk melihat proyek apa saja yang menggunakan FFmpeg bisa dilihat disini

Format yang didukung antara lain :
3g2, 3gp, DVD Audio (ac3), Flash Video (flv), H264, Ipod 16:9 WideScreen, XviD HQ, Ipod 4:3 standard, Mobile Phone Audio (amr), MP3, Mpeg 2, Mpeg2 video only, MPEG-4, mpeg3, NTSC DVD, NTSC SVCD, NTSC VCD, PAL DVD, PAL SVCD, PAL VCD, Quictime MOV, Wave (audio only), WMV, Xvid with AC3 audio, Xvid with MP3 audio.

Ingin software gratis dengan feature yang lebih banyak dari WinFF ? Baca artikel ini :

SUPER the Most Complete Free Audio Video Converter

Download Here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: