Cara Reset Password Root Opensuse 11.3


Kata senior2 jika seorang sysadmin lupa password server dia tak pantas menjadi seorang sysadmin :d….emang bener sih….klo kebanyakan password ya sperti ini lah. tapi bagaimana dengan segi securitasnya ? membingungkan, pilih ini salah, pilih yang itu salah…:D.

Cukup Basa Basi Bulsitnya :p

permasalahan : saya tidak bisa login sebagai root di server saya karena lupa password :p. namun untuk login sebagai user hal tersebut dapat saya lakukan.

Server Odong-odong

spek : Intel Pentium Dual core, Memory 2 GB, Hdd 1/2 Tera SATA [nyebutnya pake tera, rada keren dikit :p ]

OS

Opensuse 11.3

Koneksi Internet

Speedy Paket Office + Miktorik <— ini ga ada hubungan dengan reset password :p

sebelumnya terima kasih buat guntingbatukertas, ane dapet nih solusi dari blog ente.

Langkah-langkah Reset PAssword Opensuse 11.3

  1. Sediakan DVD Installer Opensuse 11.3 dan DVD Room yang akan kita gunakan untuk masuk ke menu RESCUE SYSTEM
  2. Setting Bios agar boot dilakukan melalui DVD ROM
  3.  

    image-suserbootpage

    pic:guntingbatukertas.com

  4. Pilih Rescue System, kemudian tunggu hingga masuk ke console
  5.  

    pic:guntingbatukertas.com

  6. cek harddisk apakah terdeteksi atau tidak dengan perintah ls /dev
  7. harddisk saya SATA sehingga saya akan melakukan mounting untuk partisi system opensusenya dengan perintah mount/dev/sda1 /mnt
  8. cek direktori /mnt apakah berhasil di mounting atau tidak, jika berhasil maka file2 system opensuse anda seharusnya sudah terlihat di folder tersebut… :d
  9. untuk melakukan reset password, passwd opensuse disimpan di folder /etc/shadow <—shadow adalah nama file yang akan kita edit.
  10. sebelum mengedit backup file tersebut untuk menghindari kegagalan proses reset password dengan perintah cp /mnt/etc/shadow /mnt/etc/shadow1
  11. langkah selanjutnya  mengedit file shadow dengan  perintah vi /mnt/etc/shadow
  12. cari baris dengan tulisan kurang lebih seperti ini — > root:$2a$UkcLnf4sVZEPp9D1ReuO:14879:0:99999:
  13. password di encrypt dengan Hash: SHA1, saat saya mencoba tutorial dari guntingbatukertas.com dengan mengganti password hash root menjadi root:$1$IS5ig$WQh1IIH0bBG9GR3GyylQt0 ternyata gagal [mungkin karena saya kurang memahami teori dasar encript SHA1]
  14. kemudian saya mencoba mencopy hash dari user yang passwordnya masih saya ingat dengan perintah copy paste VI [dpt dilihat tech-recipes dan uic.edu]
  15. lalu nama user saya ganti menjadi menjadi root
  16. contoh :
    doeng:$2a$10$LbomPsmHbhr8YPaq.SEWGuivR3xdaBU.KwTNOeEduWph35xGf7Tk2:14842:0:99999
  17. Menjadi :
    root:$2a$10$LbomPsmHbhr8YPaq.SEWGuivR3xdaBU.KwTNOeEduWph35xGf7Tk2:14842:0:99999
  18. save file tersebut dengan perintah :wq
  19. restart server dan saya  login  sebagai root dengan password user.

selamat mencoba … ^_^

Leave a Reply

