Blackberry : Cara Migrasi Layanan Blackberry dari XL Ke Telkomsel – Refresh Host Routing Table (HRT)


Lemahnya sinyal XL di luar daerah membuat layanan blackberry menjadi tidak optimal. Saudara saya Bhima Kurniawan sempat dipusingkan untuk perpindahan layanan dari XL ke Telkomsel ini…saya malah jadi ikut2an pusing juga :p.

Sebelumnya saya pernah melakukan hal serupa namun untuk bb dengan provider Indosat yang di migrasikan ke telkomsel (kartu im3 ke kartu halo). Karena CS telkomsel (Kartu halo) memang memberikan service lebih terhadap clientnya (kartu halo) proses release pin dilakukan oleh mereka. Bener gak klo kaya gini ? klo para bos sih bener, mereka ga mau diribetkan untuk hal seperti ini. Tapi untuk Teknisi abal2 gimana? hehehe..Ga ngerti prosesnya pasti keluarin duit lagi buat migrasiin BB ke counter terdekat?

Cukup basa basi bulsitnya, ke session berikutnya :d

  1. Hentikan layanan blackberry XL dengan mengirim sms BB <spasi> OFF kirim ke 568
  2. Request Release PIN BB anda dengan menghubungi Call Center kurang lebih 3-4 Jam (24jam)
  3. Jika tidak ada konfirmasi SMS, Telpon ke XL CC dan tanyakan sampai dimana prosesnya relase pin dilakukan oleh mereka.
  4. Sampai disini asumsi Pin telah di Release oleh Pihak XL.
  5. Pasang Kartu Simpati/AS/Halo lalu Registrasi Layanan Blackberry Telkomsel. –>baca disini
  6. Cabut Battery BB anda kemudian pasang kembali.
  7. Jika Idikator gprs masih belum berubah menjadi Huruf kapital dapat dipastikan bahwa layanan blackberry telkomsel anda belum Aktif, ini disebabkan karena Routing Table Line Telkomsel Blackberry belum teregistarsi di Blackberry anda. (bahasa kasarnya anda masih menggunakan jalur blackberry XL)
  8. Lakukan refresh routing dengan meregistarsikan HOST ROUTING TABLE layanan BB anda.
  9. Buka Menu OPTION + Mobile Network + Network Selection Mode : Ganti menjadi Manual dan pilih XL
  10. Keluarkan Semua Menu kemudian masuk lagi ke Option + Mobile Network + Network Selection Mode : Ganti menjadi Automatic. Tunggu beberapa saat, indikator gprs akan Menjadi Huruf Kapital.
  11. Jika Sampai disini gprs masih huruf kecil, Lakukan Registrasi HRT (House Routing Table) Secara manual.
  12. Klik Menu Option + Host Routing Tabel + Klik Tombol BB dan pilih Register Now.
  13. Lakukan beberapa kali, kemudian, Turn Off BB anda lalu hidupkan kembali.

Sekian, Terima Kasih untuk mas Bhim….Satu Elmu lagi gw dapet nih …hehehe

Tags:

2 Comments to “Blackberry : Cara Migrasi Layanan Blackberry dari XL Ke Telkomsel – Refresh Host Routing Table (HRT)”

  1. Mantep bro…

  2. terimakasih share infonya…saya hari ini sudah mumet menghubungi provider XL dan provider 3, lempar sana sini tanpa penjelasan yang cukup jelas, alhamdulillah dapat jawabannya disini:) langsung jaya ni BB saya, semoga Tuhan memberikan balasan kebaikan ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: