Memainkan Mp3 di Ubuntu Breezy


Komputer saat ini telah masuk ke hampir semua aspek kehidupan manusia, terutama di kota yang digelari kota pendidikan seperti Jogja. Mulai dari Dosen, Mahasiswa, dan Siswa SMU, bahkan penulis pernah menjumpai tukang parkir yang bertugas sambil chating dengan Yahoo Messenger.

Salah satu hal yang boleh dikatakan hal wajib yang harus bisa dikerjakan komputer adalah memainkan Mp3. Ubuntu yang saat ini telah menjadi distro Linux terpopuler berdasarkan rating dari http://www.distrowatch.com ternyata belum mampu menjalankan fungsi ini. Hal ini tentunya menyulitkan bagi para pemula yang ingin bermigrasi ke Linux. Pada tutorial ini saya akan sedikit sharing bagaimana cara agar Ubuntu bisa memainkan lagu lagu Mp3 kesayangan anda.

Software yang bisa digunakan untuk memainkan mp3 di Ubuntu adalah Totem, untuk membukanya klik Application=>Sound&Video=>TotemMoviePlayer. Software ini mirip dengan fungsi Windows Media Player di Windows. Sekarang kita akan mencoba terlebih dahulu membuka file mp3 pada Ubuntu yang belum diutak atik.


Klik Movie=>Open, Lalu pilih sebuah file Mp3.

Ternyata Ubuntu mengeluarkan error yang menyatakan bahwa decoder untuk menangani file Mp3 belum terinstall. Untuk mengatasi hal ini kita harus menginstall decoder terlebih dahulu. Pada Ubuntu decoder file Mp3 adalah paket software gstreamer-mad. Karena paket software ini memiliki dependensi(ketergantungan) dengan libid3tag0 dan libmad0

Ternyata Ubuntu mengeluarkan error yang menyatakan bahwa decoder untuk menangani file Mp3 belum terinstall. Untuk mengatasi hal ini kita harus menginstall decoder terlebih dahulu. Pada Ubuntu decoder file Mp3 adalah paket software gstreamer-mad. Karena paket software ini memiliki dependensi(ketergantungan) dengan libid3tag0 dan libmad0

maka kedua software ini harus diinstall terlebih dahulu. Download ketiga file di atas pada link di bawah ini dengan mengkopi lalu mempastenya pada browser anda:

http://packages.ubuntu.com/breezy/libs/gstreamer0.8-mad

http://packages.ubuntu.com/breezy/libs/libid3tag0

http://packages.ubuntu.com/breezy/libs/libmad0

Setelah itu tahap selanjutnya adalah instalasi. Untuk instalasi software baru Ubuntu menggunakan perintah dpkg. perintah ini harus diketikkan pada terminal(sama dengan command prompt di Windows). Untuk itu buka terminal dengan memilih Application=>Accesories=>Terminal.

Tempatkan ketiga file di atas yang telah anda download ke direktori home user anda.
Lalu ketikkan perintah di bawah ini jika Ubuntu meminta password masukkan password user anda.
sudo dpkg -i libid3tag0_0.15.0b.deb

Lakukan hal yang sama dengan kedua paket software yang lain.
sudo dpkg -i libmad0_0.15.1b-1.1.deb
sudo dpkg -i gstreamer0.8-mad_0.8.8-2_i386.deb

Sekarang setelah anda selesai menginstall ketiga paket software di atas anda telah bisa memainkan lagu lagu Mp3 . Untuk membuktikannya buka kembali Totem Movie Player seperti yang telah dicontohkan sebelumnya.

Dan sekarang tidak terjadi error lagi seperti sebelumnya dan anda telah bisa memainkan lagu lagu mp3 kesayangan anda. mudah kan :).

repost-fuad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: