Teknologi Solid State Drive


Solid State Drive adalah sistem penyimpanan yang bekerja menggunakan cip memori atau yang dikenal sebagai flash memory chip. Sistem ini diperkenalkan oleh Samsung pada harddisk yang menggunakan teknology hybrid, mengandalkan apa yang disebut NAND flash memory chip sebagai penyangga.

Penyimpan hard disk Samsung seri HM16HJI dengan kapasitas 128 GB berukuran 2,5 inci ini dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja dan kemampuan tanggap. Ketika digunakan pada perangkat komputer notebook, Samsung HM16HJI ini mengakses data lebih cepat dari kondisi sleep atau hibernasi, langsung mengambil data terakhir yang disimpan pada memori NAND.

Penyimpan digital Samsung ini memiliki kapasitas memori NAND sebesar 256 MB, dan berfungsi seperti pacu ReadyBoost ketika digunakan dengan sistem operasi Windows Vista. Dengan kecepatan sekuensial mencapai 45 MB per detik dan akses random 30 MB per detik, kemampuan hard disk Samsung ini setara dengan kecepatan hard disk besar yang digunakan pada komputer desktop.

Persoalannya, hard disk Samsung berteknologi hibrida ini terasa manfaatnya ketika menggunakan Windows Vista. Hard disk buatan Korea Selatan ini akan banyak manfaat ketika notebook memang digunakan dalam kondisi mobilitas tinggi. Sepertinya, Samsung HM16HJI menjadi alternatif terhadap teknologi SSD yang masih terbilang mahal (RLP)

The FeedBurner Blog The FeedBurner Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: