Ubuntu Cirebon Kenalkan ‘Batik Open Source


Minggu, 09/09/2007 14:09 WIB
Ubuntu Cirebon Kenalkan ‘Batik Open Source’
Wicaksono Hidayat – detikinet
<!––>

Wilber, maskot GIMP (gimp)

Jakarta – Komunitas Pengguna Ubuntu di Cirebon menyelenggaran Pengenalan Aplikasi Grafis & Multimedia Open Source. Kegiatan tersebut digelar Minggu, 9 September 2007 di Rumah Pena, Jl. Dr Sudarsono No. 40 Cirebon pada pukul 13.00 WIB – selesai.

Iyan Kusherdiansyah, pegiat Komunitas Pengguna Ubuntu Cirebon mengatakan pengenalan aplikasi desain grafis berbasis Open Source ini dimaksudkan agar pekerja desain grafis bisa berkarya tanpa melanggar hukum. Terutama, ujarnya, pengusaha batik Indramayu yang mulai memanfaatkan komputer.

Beberapa industri batik, menurut Iyan, telah menggunakan komputer untuk membuat desain motif-motif baru, atau memodifikasi motif yang “Masalahnya, hingga kini masih banyak yang menggunakan aplikasi bajakan untuk mengembangkan usahanya. Tentunya itu dilakukan karena harga aplikasi legal sangat mahal,” ucap Iyan.

Padahal, pengunaan piranti lunak bajakan tersebut bisa menjerat para pengusaha dalam pelanggaran hukum terkait hak cipta. Iyan menuturkan, penggunaan aplikasi Open Source akan lebih baik bagi para pengusaha tersebut.

Salah satu piranti lunak Open Source untuk desain grafis adalah GIMP. “Dengannya orang dapat menggunakan komputer dengan cara yang halal dan murah. Untuk membuat atau modifikasi motif batik serta desain-desain lainnya, aplikasi open source dapat diperoleh dengan bebas,” papar Iyan.

Acara pengenalan aplikasi tersebut, lanjutnya, ditujukan bagi semua kalangan dan tanpa dipungut biaya. “Mari berkarya tanpa takut dirazia karena menggunakan software bajakan!” Iyan menambahkan. ( wsh / wsh )
sumber detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: