Mempercepat Booting Ubuntu Linux



Salah satu keluhan pengguna Linux [khususnya pemula] yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan oleh Linux untuk melakukan booting. Jika dibandingkan dengan windows, Linux masih KALAH. Namun hal ini masih bisa dimaklumi lantaran saat sistem Linux dioperasi, sangat banyak service-service yang berjalan di balik layar [background].Sementara, tidak semua service yang tengah berjalan kita butuhkan. Kiranya artikel yang akan membahas mengenai service dan sejenisnya yang berjalan saat proses booting linux dilakukan dapat memberi sedikit pemahaman bagi pembaca untuk memilih, kira – kira proses mana saja yang tak perlu dijalan bagi pemilik komputer laptop a.k.a desktop, bukan komputer server !

Instal tool sysv –rc-conf [boot process adjustment tool basis perl

sudo apt-get update

sudo apt-get install sysv-rc-conf

Perintah di atas merupakan cara termudah mengkonfigurasi proses booting dan konfigurasi runlevel. Namun anda tidak memerlukannya jika anda melakukannya secara manual dengan melinking/unlinking file.

Menjalankan perintah

sudo sysv-rc-conf

lakukan analisa tiap service, satu persatu. Perlu dimengerti beberapa service yang kami punya mungkin tidak terdapat pada sistem anda. Tidak menjadi masalah, jika anda memiliki service yang tidak kami punya, anda perlu mencermatinya. Sebelum melangkah lebih jauh tentang runlevel, kita menyoalkan proses booting. Proses boot dieksekusi dengan urutan sbb

runlevel S : runlevel pertama pada proses booting. Script /etc/init.d/rcS akan dijalankan dan semua proses di /etc/rcS.d akan dieksekusi.

runlevel 1 : mode single user, semua proses di /etc.rc1.d akan di eksekusi.

runlevel 2,3,4,5 : pada sistem debian, lingkungan multi-user, mungkin tidak menyertakan GUI [Graphic Interface User]. Demikian pula, proses di tiap direktori bersangkutan akan dijalankan. Ini berbeda dengan RedHat, Suse, dan sistem basis RPM.

runlevel 0 : komputer shutdown

runlevel 6 : komputer reboot


< sysv-rc-conf :

acpi-support – anda sebaiknya membiarkan pada runlevel default. Default 2,3,4,5.

acpid – acpi daemon. Keduanya untuk power managemen, sangat penting untuk komputer laptop dan desktop, biarkan aktif. Default 2,3,45.

alsa – bila anda menggunakan alasa sound subsystem, biarkan aktif. Namun jika menggunakan service alsa-utils, lebih aman mematikannya. Defaultnya tidak aktif ketika alsa-utils aktif.

alsa-utils – pada sistem kami, service ini menggantikan alsa, karenanya kami mematikan alsa dan mengaktifkannya pada level S. Catatan : kami mengatakan menonaktifkan [turnoff] berarti meremove semua X di semua runlevel. Jika sistem anda tidak memilikinya, tidak masalah. Terukan. Defaultnya adalah runlevel S.

anacron – cron subsystem yang mengeksekusi sembarang cron job yang tidak dieksekusi saat waktunya tiba. Besar kemungkinannya anda telah mematikan komputer ketika cron job telah tiba. Ex. Updatedb dijadwalkan pukul 2 pagi tiap hari, namun saat itu, komputer anda mati, maka ketika anacron service aktive, ia akan mengaktifkan updatedb cron. Matikan jika anda tidak menggunakan laptop. Default 2,3,4,5.

apmd – ini yang agak membingungkan, acpid sudah aktif dan apa untungnya apmd diaktifkan juga? Jika komputer anda tidak Tua dan tidak support acpi, sebaiknya dinonaktifkan. Default 2,3,4,5.

atd – seperti cron, job scheduler. Silahkan menonaktifkan. Default 2,3,4,5.

binfmt-support – Kernel mensopport format lain file binary. Kami mengaktifkan. Default 2,3,4,5.

bluez – utiles – kami menonaktifkan karena tidak memiliki bluetooth device. Defaultnya 2,3,4,5.

bootlogd – biarkan aktif. Default 2,3,4,5.

cron – biarkan aktif. Defaultnya S.

cupsys – subsystem untuk memanage printer. Kami mematikannya, jika anda membutuhkannya, biarkan aktif. Default 2,3,4,5.

dbus – message bus system. Sangat penting, biarkan aktif. Defaultnya 2,3,4,5.

dns-clean – khususnya untuk membersihkan info dns saat menggunakan koneksi dialup. Jika menggunakan koneksi dialup, Aktifkan. Defaultnya S.

visited ubuntu-ID



One Comment to “Mempercepat Booting Ubuntu Linux”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: