SOYUS dan TDAS – Karya Anak Bangsa Indonesia


SOYUS  = Sistem Olah Yudha untuk Seskoau
TDAS = Transmission Data Air Situation

Pengembangan perangkat Lunak (Software) SOYUS dan TDAS yang dilakukan oleh Tiga perusahaan yaitu PT. Infoglobal AutOptima (IAO), PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan PT. Global Performa Maksima dikenal sebagai produk paling canggih yang bernuansa teknologi tinggi (hi-tech). Produk ini dibangun berbasiskan teknologi .Net buatan Microsoft serta memanfaatkan sistem DirectX secara ekstensif untuk keperluan simulasi grafik berbasis tiga dimensi.

Pada sitem Solusi decision technology TDAS yang sudah digunakan oleh Komando TPertahanan Udara, IAO mampu untuk menggabungkan infrastruktur sistem radar militer dan sipil yang tersebar di seluruh indonesia, serta menghasilkan menjadi tampilan wilayah udara Indonesia secara terintegrasi.
Artinya, Sistem Aplikasi berbasis decision technology ini mampu memberikan situasi sebenarnya wilayah udara nasional Indonesia dan mendeteksi terjadinya penyusupan udara oleh pesawat-pesawat ading. Bahkan sistem ini pun mampu menyimulasi jalur pacu sebuah pesawat terbang yang berada di wilayah indonesia sehingga pada situaasi khusus, seperti kecelakaan dan sejenisnya, mampu ditampilkan ulang untuk kepentingan evaluasi dan simulasi.

Aplikasi canggih lainnya buatan IAO adalah SOYUS yang dirancang untuk keperluan sekolah Staf dan Komando TNI AU (seskoau) sebagai sebuah sistem war gaming yang terintegrasi dan waktu sesungguhnya (real time), memungkinkan para perwira TNI AU melakukan perencanaan dan komando pada tingkat strategis, taktis dan operasional.

Produk kebanggaan anak bangsa ini dibangun dan dikembangkan oleh 5 orang programmer dalam jangka waktu 2 tahun dengan biaya sebesar Rp. 1 miliar. SOYUS adalah sistem tercanggih yang bisa jadi menjadi sebuah permainan simulasi online game yang setara dengan couter strike ataupun ragnarok Aplikasi SOYUS ini juga bisa melibatkan berbagai kekuatan militer (laut, udara, dan darat)

Sumber : KOMPAS Senin 20 Agustus 2007

Powered by ScribeFire.

4 Comments to “SOYUS dan TDAS – Karya Anak Bangsa Indonesia”

  1. bagus tuh… anak bangsa juga jago untuk andil di dunia pembuatan software … hebat …kembangkan terus…
    pemerintah tolong donk .. para IT indonesia yang jago diberikan fasilitas untuk berkembang dan maju dan agar hasil karyanya bisa bersaing dan diakui di dunia internasional.
    selama ini banyak hasil karya anak bangsa yang bagus2 tapi tidak diakui oleh dunia luar. sayang khan

  2. Yang saya tau sarana u/komunikasi menggunakan voip ada delay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: