CAra Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU 150)


piston_dan_blok_satriafu-150

Cara anda memperlakukan mesin, dari dingin sampai dipakai sampai di matikan lagi memiliki efek yang sangat besar dalam umur dan kemampuannya.

Berikut ini pengetahuan dasar yang sebaiknya anda pahami.

Running in ( inreyen ) untuk Satria kita 500 km

  1. Lupakan cara lama dalam memperlakukan mesin baru dengan cara memperhatikan batasan RPM tertentu dalam jarak tertentu, lebih baik dikendarai secara biasa saja (normal use) yang membiarkan mesin bekerja secara bebas (tetapi jangan sampai batas merah) dan jangan juga di beri beban berat (misalnya penggunaan gigi tinggi pada kecepatan rendah).
  2. Penggantian perseneling juga dilakukan secara halus jangan di dilepas secara tiba-tiba. Inreyen jangan dilakukan dengan cara distandar tengah lalu mesin dihidupkan dan perseneling masuk dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut dapat merusak mesin.

Ada 2 buah Tips yang bisa dilakukan semasa Inreyen, yaitu :

  • Cari turunan yang agak panjang (kalau bisa sih kondisi sepi kayak minggu pagi biar gak ganggu lalu lintas), dimulai dari atas, kendarai motor kira-kira 50 km/jam. Begitu mulai turun, tutup gas sedikit sekitar 1-2 detik lalu buka gas lagi sampai mesin terasa narik (torsi dapat), tutup gas lagi. Hal ini menghasilkan kefakuman di dalam crankcase( ruang mesin di bawah piston) yang menyebabkan tekanan ring piston terhadap dinding silinder sehingga membantu untuk bed in (menyatu sehingga gesekan minim).
  • Jangan menggunakan oli sintetis. Hal ini selain memperlambat bed in karena kelicinannya juga dapat memperpendek umur mesin. Bearing dan silinder menjadi terlalu licin sehingga tidak bisa menghasilkan film untuk memegang oli yang lewat. Jadi kalau inreyen pakai oli standar pabrik yang mineral aja, selain murah hasil terbaik.
  • Menghidupkan motor dari keadaan dingin. Kerusakan yang paling besar dari sebuah mesin kebanyakn terjadi pada start awal dari dingin. Oli masih sulit untuk bersirkulasi dan juga oli masih berada di bawah yaitu di bak oli. Untuk menolong hal ini, gunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan mesin mati. Dalam hal menyimpan motor juga berpengaruh. Parkirlah motor dengan menggunakan standar tengah sehingga oli merata dikiri-kanan mesin. Kalau menggunakan standar sampng, oli akan berkumpul di sebelah kiri mesin. Apalagi kalau motor ditinggal lama. Hal ini menyebabkan bagiandalam mesin sebelah kanan jadi cemburu karena kurang terlumasi. Setelah mesin hidup, boleh tunggu beberapa saat sekitar 1 menit sampai mesin sudah idle normal atau langsung jalan dengan kecepatan santai untuk memberi kesempatan oli bersirkulasi dengan sempurna.
  • Kendarailah motor dengan semestinya. Mesin-mesin dibuat dengan tujuannya masing-masing. Mesin potong rumput di disain untuk hidup dengan putaran mesin yang statis. Berbeda dengan mesin motor yang didisain dengan putaran mesin yang dinamis.

Apalagi untuk motor jaman sekarang yang didisain untuk dibawa pada RPM menengah ke tinggi. Misalnya untuk Motor Satria, dari spesifikasi dapat diketahui tenaga dan torsi maksimum pada RPM yang cukup tinggi yaitu 9000-an.

Sehingga bisa dikatakan mesin Satria bekerja secara optimal di sekitar RPM (8000 – 90000) yang membuat mesin menjadi lebih awet dibandingkan dengan mesin satria yang dikendarai terlalu hati-hati atau dikendarai dengan cara short shifting (ganti perseneling pada RPM yang terlalu rendah).

Jadi sekali-sekali motor bawa kebut untuk membuat mesin bersih dan sehat tanpa melupakan tanggung jawab kita sebagai pengendara motor yang sopan.

Perhatikan pula dalam menurunkan perseneling. Jangan menurunkan lebih dari satu gigi sekaligus dari kecepatan tinggi yang mengakibatkan over-rev (RPM ketinggian atau di atas batas aman)sehingga dapat merusak transmisi dan katup juga bisa bengkok.

  • Jangan sering-sering angkat roda depan. Sepeda motor di disain dengan dua roda, jadi kalau kita mengendarai motor dengan satu roda berarti kita memakainya diluar disainnya. Beberapa motor, kalau kita angkat roda depan cukup lama menyebabkan oli menuju ke belakang crankcase sehingga sulit dijangkau mesin untuk disirkulasikan. Apa yang akan terjadi? Turun mesin! :)
  • Please, don’t do it (jangan lakukan!!). Kita sering melihat pengendara motor atau mobil menaikkan RPM (ngegas) sebelum dimatikan. Untuk kendaraan teknologi lama atau mesin 2 tak hal tersebut biasa dilakukan untuk memperkaya ruang bakar atau membersihkan busi sehingga mudah untuk di start kembali (CMIIW). Namun untuk kendaraan modern hal ini akan merugikan. Seperti kita ketahui bensin adalah cairan yang ampuh untuk membersihkan kotoran yang berlemak atau ber-oli. Sehingga apa jadinya bila kita melakukan hal tersebut di atas yang menyebabkan ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena langsung dimatikan setelah di gas? Oli yang melindungi silinder dan piston akan tersapu yang berarti umur mesin berkurang dan bisa menyebabkan karat bila motor disimpan lama.

Sumber SSFC

alternate – rawat motor di kafemotor

About these ads

56 Responses to “CAra Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU 150)”

  1. Salam Kenal Mas…
    Saya memiliki pemahaman yang sama dengan apa yang mas paparkan, Saya juga pemilik Satria FU150 dibeli tanggal 13 Mei 2008…
    Karena saya sebelumnya memiliki sepeda motor Shogun FD110 lansiran ’96 awal launching, saya punya pengalaman yang bermanfaat. Semenjak pertama kali saya ngga percaya sama oli yang diiklankan di media TV. Saya kebetulan distributor Oli Quasar P2 buatan German, saya ingin berbagi dengan kawan-kawan yang memiliki motor yang sama. Saya dah lama pakai oli tersebut tak ada masalah yang berarti. Kasus yang terjadi justru Baut pembuangan Olie kena tanggul ‘Polisi Tidur’ hingga terjadi kebocoran oli… Menurut penemunya K. Philips, Bahwa oli tersebut memililiki teknologi NANO dia menempel pada pori-pori silinder dan blok silinder tidak akan terjadi macet atau istilah bengkel nge -jem- karena olinya menempel. Rumah saya berjarak 40 Km ke tempat kerja…Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa…
    Kalau mau info ini, saya bisa kirimkan VCD presentasi demo Oli German P2,….Gimana mas…Boleh…

  2. wah mas..boleh tu survey olinya..

    kalo boleh minta tolong..

    nama olinya sama specnya..

    kalo iya minta tolong kirimin datanya ke no hape gw..

    oli keren tuh..
    selama ini gw pake yang namanya ada Te Oo Pe itu loh..

    bunyi agak kasar..
    pengen coba oli jerman..

    gmn??

    thanks yach

  3. o iy..

    no gw 08192459299

    thanks yak..

    :)

  4. mas mas sekalian yang udah ahli bgt ttg dunia permotoran.. aku mau nanya nih… ada rencana beli motor satria untuk menggantikan mobil aku sebagai alat transportasi dari rumah ke kampus dan ke kantor. kelebihan dan kekurangan motor ini apa sih?? ada special treatment gak untuk motor ini??(treatment diluar maintenance std dari BERES).. oiyah klo di komparasi sama HONDA CS-1 gmn yah..
    terima kasih sebelum nya bwt mas mas sekalian
    regards
    deri
    =admin=
    mobil ma motor mah jauh banget bedanya….motor LEBIH MURAH tapi ga Murahan
    satria dengan honda cs 1 jelas beda di performancenya….untuk harga jelas lebih murah satria (dengan cc yang lebih besar dari cs1 loh) harga jual suzuki lebih rendah dari honda karena teknologi SUPER IRIT yang di miliki honda lebih unggul ketimbang motor 4 tak lainnya..

  5. oiyah mas, takut nya aku lupa alamat site ini,,hehe..karena jujur aja ini kebeneran bgt bisa nemu… jawaban nya ke email aku aja yah..

    mohamadrizqi_fathanputra@yahoo.com

  6. mas gue punya stria fu gue beli secon. kalau masukin perseneleng keras kenapa ya mas n’ waktu mesin hidup susah dinetralin……………

  7. satria klo dah pemakaian setahun sering bermasalah di persenelannya, kata teman2 yang punya fu150 sih itu karena setelan komplinnya kurang pas, coba aja set di dealer motor suzuki terdekat, mereka pasti bisa mengatasinya…thanks dah mampir./….

  8. MAS, satria fu bsa d’stel klepnya ga sih??
    truz kLu pake knokenas racing bsa ga?,,

    • klep ga di macem2in…standart ajah….aku hanya ganti pilot jetnya klo gasalah..itu pun atas saran mekanik….karena kenalponya sering nembak….tapi sayang sekarang motorku dah ilang…..dasar maling sialan….mirip2 kaya malingshit (malaysia oot) hohoho

  9. Minta sarannya donK. . .

    Q mau beli Satria Fu 15o. .
    Tp msh bngung. . .kualitas msinNya. .

    Kira2 gmn?

    Klo buad anag muda kyk q. .
    Dkorek gmpang ga?
    Bisa dkorek mpe brapa cc??

    Apa satria Fu Na ntu. . Trmasuk mtor sport yg dkhususkan buad balap??
    Harga Barunya brp si ??

    Klu ada yg pnting. .bs bls d’no.Hp Q. .
    085641099949

    thankx ya oM. .
    Xixi. . Lg bngung ne.

  10. Mas saya mau nanya, bagaimana cara memperbaiki mesin satria fu yang sudah turun mesin karna sering diangkat ban depan ?

    • WAHHHH…..mo jadi pembalap nih rupanya …tapi ga kesampean ya..hoho….klo nanya soal mesin aku bukan ahlinya….aku ga pernah sekolah…hanya tukang kuli bangunan yg mau belajar ..hehe

  11. Saya mau tanya,biasanya kalau masih inreyen itu ga boleh dipake buat boncengan.
    Apa buat motor satria hal itu juga berlaku?

  12. OLI APA YG BAGUS BUAT FU

  13. mas,saya baru seminggu punya satria FU.
    pada saat inreyen udh saya kebut2,itu apa ada mslh nanti ama mesin nya?
    mohon jawaban nya ya.
    thanks…..

  14. gw pnya satria 2009, bru 3 bln koq bunyi d mesin’y kasar bgt!!!
    knva yaa???

  15. aku ga punya motor satria tu mas, gimana ya solusinya ?

  16. bro ane mw tny oli yg bgs merek apa dan jenisnya jg?hrgany? jg bwt FU…..

  17. Mas hrg fu bks brp & klau yg baru brp, fu yg dulu & skr bedanya apa dlm mesin ?

  18. Numpang lewat om.. ++ mau info bwt anak kendari hehehe gpp kan..
    Ane cari mtr bekas n msh 60% mulus lah, satria, f1zR, RXZ, RXking, yah 2tak deh harga murah..
    Tanks yah, maaf numpang tanya

  19. kenapaya motor fu q kecepatanya cuman130rpm,gemana ne solusinya.

  20. ass, mas, aku mw tanya, aku kan baru beli motor satria seken, nah, kalo mw di netralin ko susah banget ya?
    trus kmaren motornya setelah di bw beberapa kilo, mw di hidupin lagi ko ga bsa?
    trus kalo di matiin ada suara “klok” dari silindernya atau mesinnya saya gatau…..
    trus kalo di nyalain ada suara kasar banget, kalo menurut saya itu dinamo staternya ga pas sama gearnya……….
    jadi suaranya kasar…..
    tolong di bantu ya mas…….
    saya suka banget sama motor saya………………

    trims………….
    ludi………..

  21. saya mau tanya ni saya punya fu rencananya saya akn ganti olinya dengan ENDURO 4T Racing Itu berpengaruh ga dengan mesin karrena mengunakan pelumas yang lebih encer

  22. bru2 aku ganti rante ceteng me stelannya, tpi bunyi mesinnya masi juga kasar, ada solusiga ? aqu make oli enduro, tolong dong sulusinya,,dari fu rider

    • hubungi wahyu suzuki ciganjur…motor satriaku dulu di oprek sama dia…enak banget…bunyi rantenya ga ada lagi…
      +6281219811177
      +6281318608713
      +6281384039597
      ini nomernya bro

    • biasanya permasalahan rante keteng berisik sering dikarenanakan penggunaan rpm nya terlalu tinggi, mungkin memng di rpm meter menunjukan masih batas normal, tapi perlu di ketahui terkadang rpm meter kadang juga tidak valid, jadi yang paling tepat dalam mengendarai motor pakai feeeling aja kalo tarikan gas udah terasa ngotot dan mesin bergetar segera naikkan ke gigi atasnya,

  23. kalu oli motul , ma shell bagusan mn ?

  24. SEBENANRNYA OLI YANG PAS / BAIK U MTR SUZUKI SATRIA FU YG MANA, Z BINGUNG, ADA BLG MOTUL, SHELL, CASTROL REPSOL YANG MN SBNARNYA ???????

    TLG RESPONX

  25. bro gue mau nanya knalpot recing ap yng bagus di psang di motor satri fu…?
    dan oil yang cocok dngan itu juga.?

  26. bos w mo tanya nich, w punya satria tapi pas waktu itu w parkir dipinggir jalan karna w gk tahan lagi mo kencing yaaah terpaksa mo gk mo w parkir de tu satria w di pinggir jalan,, dari pada kencing di celana kan maluuu w ma cewek w,,,
    truz pada akhirnya ada mobil truk yg ugal ugalan nabrak motr w sampe motor w gk bisa dipeke lagi mesin pada ancur bodynyapun remuk bagaikan empe empe palembang….
    yaaah terpaksa motor w, cuma tinggal kenangan aja deeh coz kata bokap w gk usah diperbaikin lagi,,, bikin susah aja..!!!!
    jd skarang satria w tinggal digudang aja deeh,,, padahal masih baru lagi , baru 6bulan,,
    tapi w bersyukur bangetlah motor satria w ancur… kenapa w bilang bersyukur karena
    dan pada suatu hari ada temennya bokap w nawarin motor’a kearena dia butuh duit,, kalian mo tau gak motor apa “motor cbr600rr broow….
    hahahahahaaa w seneng banget…..
    akhirnya w tggu sampe bokap w manggil w artinya klo bokap w manggil dia mo suruh liat tu motor temen bokap w suka apa gk,,, ya jelaslah w sukaaaaaaaaaaaa banget….siapa sich gk mau motor sport cbr600rr… gileee meeek…
    ya udh pada akhirnya bokap w langsung cas tu motor didepan w lagii…. heheheheee…..
    tp w kasihan juga sich ma satria w, sebenernya sich mo w jual, lukanya juga gk parah2 amat body yg bengkok cuma yg belakang aja, kap’a sih hancur, kalo mesin cuma pecah bagian bak kopling aja yah sebenernya bukan mesinnya sich yg pecah tapi bak koplingnya aja…
    w mo jual tu motor 5jt w belinya tgl,10,juli,2011…
    kalo ada yg mau ini alamat email w taufanfrastian@yahoo.co.id
    oyah harga gk kurang gk lebih. ok
    thankz yaaah….

  27. sori maksudnya w beli tgl 10 juli 2010
    sory salah

  28. betul sekali kalau salah makai motor pada saat inreyen, motor ga akan tahan lama.
    paling2 satu tahun semenjek servis turun mesin.

    saya dua kali turun mesin, gak ada yang awet. setelah dipikir2, karena inreyen nya mngkn paling2 seminggu, lalu dipake kenceng , boncengan sambil nanjak.

    Terima kasih nasehatnya.
    assalaamu’alaykum.

  29. gan gue mau tanya, pda saat msin uda hidup, truz electric starter.na ke pencet (GA SENGAJA), apa ada maslah.na nanti ??? mohon jwaban.na

  30. w prnah tancap gaspoll..
    Saat kilometer fu w msh 30..
    Skrng udh 332.0
    Stnk belum turun berikut plat no..
    Ane ngerasa bersalah bngt memperlakukan motor w seperti itu..
    trus w sering boncengan ma pacar w.
    Malah pernah 3x di ajak naik gunung.
    Dampak nya bakalan fatal gx brow??
    Tktnya motor w next 1thn turun mesin.
    O iya brow numpang tanya stnk ma plat no turun nya berapa lama sih?
    motor di kirim ke rmh w tnggal 29 september sampe skrng. stnk belum kelar juga ya??

  31. W mau tanya gan’
    Satria fu klu bru inreyen, dipke perjalanan jarak jauh’ad mslh ga nanti’y pd mesin’y, soalnya lumyan jauh neh perjalanan’y…bli mtor buat plng kampng neh..

    Ditunggu jwbnya ya gan!!!

    By’ aromy blora

  32. inreyen motor kalo bisa jangan untuk jarak jauh dulu, sebab lapisan metal pada mesin belum terbentuk lapisan film yang sempurna , perjalanan jarak jauh menjadikan mesin bekerja dalam jangka waktu lama tanpa istirahat menjadikan panas mesin yng berlebih dari pada yang di pakai perjalanan pendek hal ini kurang bagus untuk mesin motor yg masih in reyen.

  33. Karbu satria fu gw da ke 2 x nya brkarat. Ko bsa trjadi gt ya mas?

  34. boss kok mtr bru q rayen gk lbh dari gigi 3 kok mesinnya gk enak di denger…

  35. mas bro qw mau tanya ne satria fu qw udah di bore up 228cc tapi skrg msinnya udah klotok klotok,klwar asap,suara kasar,tapi tenaga masih jozz,kalo di standarin lagi bisa ga yah,klo bisa kira kira butuh dana berapa bro…mohon pencerahannya.

  36. Riyho : Kapasitas segitu pasti bore up ama stroke up hehe, yg pasti ganti blok silinder ma as kruk bro, head mngkin jg ngganti

  37. Jadi gmn nih yg bener gan soalnya ane ngreyen pernah bawa mpek 80kpj, tp cm bentar doang, apa aman?

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: